Papuan Voices II: Dokter Mia yang Menginspirasi

by Yerry Nikholas Borang February 10, 2015
Sekilas tentang Dokter Mia, salah satu karakter yang menginspirasi yang ditampilkan dalam koleksi video Papuan Voices II, koleksi video-video dari Papua.

Di salah satu video di dalam rangkuman Papuan Voices II yang dibicarakan orang-orang adalah sebuah video berjudul Mutiara Dalam Noken (Pearl in the Noken), yang merupakan cerita mengenai kiprah Dokter Mia. Dia adalah seorang dokter perempuan Papua yang cukup beruntung mendapat pendidikan tinggi dan menjadi dokter. Dia membantikan dirinya untuk merawat mereka yang sakit dan terabaikan di wilayah-wilayah pedalaman Papua. Dan dia membawa serta warisan memori dari kedua orang tuanya yang juga telah membantikan diri di dalam pekerjaan yang sama sebagai petugas kesehatan.

Setelah menonton video ini pada screening khusus (yang diadakan di beberapa asrama mahasiswa Papua di Yogyakarta) di tanggal 12 dan 13 Desember 2014, banyak mahasiswa Papua mendiskusikan video ini dengan penuh penghargaan khususnya kepada upaya dan kekuatan dokter Mia. Mereka merasa terinspirasi untuk mempraktekkan kualitas dan tekad dokter Mia yang adiluhung, di dalam hidup mereka. Hal ini khususnya akan mereka lakukan dengan pulang kembali dan membangun Papua.

"Mutiara dalam Noken" hanya salah satu dari video dari delapan video yang sangat menarik yang ada dalam koleksi Papuan Voices II. Anda semua bisa mengunduh dan menyaksikan video-video ini di situs engagemedia dan papuan voices. Jangan lupa ikuti kami di Facebook dan Twitter.