Pembukaan Cerita Pemilu: Kaum Muda Indonesia dan Pemilu Presiden 2014

by Yerry Nikholas Borang July 03, 2014
Segera kirimkan ide dan cerita video terkait kaum muda dan Pemilu Presiden 2014. Batas waktu pengiriman ide cerita tanggal 15 Juni 2014.

Indonesia akan melangsungkan pemilihan presiden awal bulan Juli 2014. Ini akan menjadi perhelatan penting bagi negeri ini, terutama karena tokoh-tokoh yang berkuasa di masa Orde Baru mencoba untuk kembali berkuasa kembali di masa Orde Reformasi.

Hal penting ini harus diperjelas bagi jutaan generasi pemilih baru, yang terlalu muda untuk mengingat betapa represifnya rezim Orde Baru dan di masa permulaan masa Orde Reformasi. Banyak dari mereka akan menggunakan hak pilihnya untuk pertama kalinya.

Deutsche Welle melaporkan bahwa ada 186 juta pemilih dalam pemilu 2014, sepertiga dari jumlah itu adalah pemilih pertama kali. Sementara kaum muda secara tradisional selalu dipinggirkan dalam lingkup sipil-politik, dalam pemilihan umum kali ini anak-anak muda bisa melakukan sesuatu yang besar.

Dengan latar belakang ini, EngageMedia ingin mendorong anak-anak muda pembuat video dan menawarkan untuk melakukan peliputan video untuk pemilihan umum ini dengan membuat cerita video agar kita semua mengerti dan paham apa pandangan anak muda mengenai para kandidat presiden 2014 dan apa harapan dan aspirasi utama mereka bagi negeri ini. Cerita video ini akan didistribusikan baik di internet maupun non internet untuk membantu meningkatkan diskusi dan debat seputar sejumlah agenda dalam pemilihan umum ini. Video-video yang dihasilkan dari aktivitas ini juga distribusikan oleh organisasi yang memonitor pemilu Matamassa.

Jika kamu seorang pembuat video, jurnalis warga, aktivis, atau mahasiswa yang ingin dan tertarik untuk berpartisipasi dalam aktivitas ini silahkan kontak kami dengan satu atau dua ide cerita untuk video yang ingin anda ciptakan. Kami ingin mendengar kabar dari kalian!