Peluncuran dan Diskusi Videokronik di Jakarta

by Enrico Aditjondro April 29, 2010
Peluncuran Videokronik dan diskusi video aktivisme di Ruang Rupa, Jakarta

Event details

When

March 24, 2010
from 11:00 PM to 03:00 AM

Where

Ruang Rupa, Tebet Timur Dalam Raya, no.6 Jakarta Selatan 12820 INDONESIA

Contact Name

Contact Phone

+6281510330023

Add event to calendar

Bagaimana cara aktivis sosial di Indonesia mengapropriasi perkembangan teknologi video dalam kerja-kerjanya? Bagaimana mereka melakukan distribusi yang strategis, terutama dalam penggunaan medium online? Bagaimana publik melihat muncul dan berkembangnya 'new media'? Apakah peran media berbasis komunitas dalam penyebaran informasi?

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah hal-hal yang akan kami coba diskusikan dalam acara peluncuran "VideoKronik" di Jakarta, pukul 18.00 pada tanggal 24 Maret, 2010. http://www.engagemedia.org/videokronik/?searchterm=videokronik

Pembicara-pembicara yang akan hadir meramaikan adalah:

• Nuraini Juliastuti & Ferdiansyah Thajib - keduanya adalah peneliti dan penulis Videokronik. Mereka bekerja di KUNCI Cultural Studies Center di Yogyakarta dimana Nuraini menjabat sebagai Direktur.
• Hafiz - seorang seniman visual arts, penulis, dan salah satu pendiri Ruang Rupa dan Forum Lenteng
• Raharja Waluya Jati - seorang aktivis, jurnalis dan saat ini menjabat sebagai Direktur Voice of Human Rights
• Vivian Indris - seorang produser film yang sangat berpengalaman dalam pelaksanaan berbagai festival film, dan terlibat dari awal kelahiran JIFFEST. Ia saat ini juga adalah Direktur Program Kalayana Shira.
• Irsyad Ridho - Direktur Riset Jakarta Center for Cultural Studies, dan dosen Literatur Indonesia di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Videokronik adalah hasil dari penelitian kolaboratif EngageMedia dan KUNCI Cultural Studies Center. Riset ini memetakan bagaimana aktivis melibatkan dirinya dengan teknologi tersebut di konteks Indonesia, mengamati beragam isu yang muncul dari perkelindanan gerakan sosial dan teknologi di Indonesia, dan menelusuri potensi serta hambatan distribusi video di internet. Dengan menganalisis sejarah, memetakan situasi masa kini, dan melihat kemungkinannya di masa depan, kami berharap bahwa persoalan aktivisme video di Indonesia bisa dipahami secara lebih jelas agar proses baru untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang juga baru yang lebih penting dapat segera dimulai. Kami juga berharap bahwa Videokronik dapat menjadi panduan bagi mereka yang mau menelusuri kemungkinan-kemungkinan perubahan sosial dengan menggunakan media teknologi baru di banyak tempat, serta turut membantu mereka yang bergiat di Indonesia dalam merefleksikan kerja-kerja yang telah ditempuh hingga sekarang, dan menyikapi bentuk-bentuk baru yang sedang mengemuka.

More information about this event…