WTO Unplugged! Workshop and Alternative Media Center

by Dhyta Caturani November 18, 2013
EngageMedia akan menyelenggarakan Workshop and Alternative Media Center di Bali untuk merespon Konferensi Tingkat Menteri WTO.

World Trade Organisation akan menggelar Konferensi Tingkat Menteri yang ke 9 pada tanggal 3-6 Desember 2013. Diharapkan kurang lebih 8500-10000 delegasi dari 159 negara anggota WTO dan 25 negara observer akan hadir (seperti yang dinyatakan oleh Iman Pambogyo, Dirjen Perdagangan Internasional di Kementrian Perdagangan yang menjadi panitia pertemuan ini).

Mengingat konferensi ini merupakan konferensi pengambil keputusan tingkat tinggi, sudah dipastikan bahwa ribuan jurnalis dari berbagai media di dunia akan hadir untuk meliput. Namun dibutuhkan persyaratan tinggi untuk mendapatkan akreditasi media dan jurnalis dari pihak WTO sendiri, sehingga sudah dipastikan jurnalis independen tidak akan mendapatkan tempat di dalam konferensi WTO ini.

Dengan latar belakang inilah, EngageMedia mengambil inisiatif untuk mengajak para jurnalis video/aktivis video untuk bergabung dalam workshop dan media center alternatif yang akan kami selenggarakan di Bali pada tanggal 2 - 6 Desember 2013.

Workshop bertajuk "WTO Unplugged!" ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan para jurnalis video dan aktivis video dalam merancang video advokasi dan distribusi video untuk meningkatkan dampak yang dimaksud. Selain itu workshop ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan dan intuisi para jurnalis video/aktivis video dalam memegang dan menjalankan prinsip-prinsip kode etik jurnalistik dalam melakukan peliputan atau pendokumentasian.

Workshop ini akan disertai dengan sebuah media center alternatif yang bertujuan untuk melakukan peliputan dan pendokumentasian cerita-cerita di lapangan yang kemungkinan besar tidak diangkat oleh media arusutama dan membangun sebuah narasi yang kritis terhadap isu-isu WTO.

Untuk itu kami mengundang jurnalis video, aktivis video, aktivis dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam workshop kami dengan mengisi formulir pendaftaran. Peserta terpilih akan ditanggung transportasi dan akomodasinya selama kegiatan berlangsung.

Untuk Term of Reference dan Formulir Aplikasi, kirim email dengan subject "WTO Unplugged! Aplikasi" ke dhyta@engagemedia.org.