South to South (SToS) Film Festival 2010

by Enrico Aditjondro April 29, 2010
StoS is an environment movement involving urban community, youths, women in using films and other visual materials in capturing the exploitations around the Southern Hemisphere.

Event details

When

January 22, 2010 11:00 PM to
January 25, 2010 04:25 AM

Where

Goethe Institut and CCF Jakarta

Contact Name

Contact Phone

+62 815 9480 246

Add event to calendar

Apakah kita tahu dari mana air kemasan yang selama ini kita minum? Ataukah kita tahu asal muasal sabun, minyak goreng, buku, bensin hingga listrik yang selama ini sudah akrab dengan kita? Atau tahukah kita bahwa dibalik air kemasan yang kita minum, sabun, minyak goreng, buku, bensin hingga listrik yang kita gunakan sehari-hari, ternyata ada derita masyarakat di asal barang tersebut diambil?

Tak banyak yang tahu, di Babakan Pari, Gunung Salak, Sukabumi, warga kini kesulitan mendapatkan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, karena AQUA telah menyedotnya untuk dijual dalam kemasan botol dan gelas.
Atau warga di Pasaman Barat, Sumatera Barat yang tak bisa lagi bertani karena lahannya diambil PT Anam Koto untuk dijadikan perkebunan sawit. Minyak sawit inilah yang nantinya akan menjadi bahan pembuatan sabun, minyak goreng dan kosmetik yang kita pakai sehari-hari.

Pun juga warga di Dayak Paser: Suateng, Damit, Bekoso, Lempesu, Suweto, di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur yang harus berpindah ke desa lain yang jaraknya 2 - 10 km jauhnya dari kampung lamanya, karena PT Kideco Jaya Agung telah merusak kampung tersebut untuk diambil batubaranya. Batubara inilah yang nantinya menjadi bahan sumber listrik di rumah kita.

Sebenarnya masih banyak lagi masyarakat di sekeliling kita yang harus mengorbankan hidupnya karena telah diambil hak-haknya oleh industri-industri yang merusak.

Kami mengajak anda peduli dan bergabung bersama South to South (StoS) Film Festival.

More information about this event…