SOLFEST 2010 Makasar

by Yerry Nikholas Borang August 20, 2010
Solidarity Festival (SOLFEST) is a campaign about social and political struggle in Indonesia. It was initiated and maintained independently by collectives and individuals. SOLFest team work independent and not working with or for government and other state institutions. We are horizontal and not centralized based. Through SOLFest, we encourage social change by campaigning on social issues, active solidarity and actions from the public.

Event details

When

August 23, 2010
from 01:10 PM to 10:10 PM

Where

Kampus Sastra UNHAS Makasar

Contact Name

http://timsolfest.wordpress.com/

Contact Phone

085242575475

Add event to calendar

SOLFEST 2010
dukung pemogokan buruh

APA ITU SOLFEST?

Solidarity Festival adalah sebuah kampanye terbuka yang diinisiasi dan digerakkan secara independen oleh kolektif-kolektif dan individu-individu yang peduli pada permasalahan sosial.
SOLFest adalah kampanye independen, tidak bekerja dengan atau untuk pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya. Kami bergerak secara horizontal dan tidak tersentral. Melalui SOLFest, kami mendorong perubahan sosial dengan mengkampanyekan isu-isu sosial, menggalang solidaritas dan tindakan aktif dari masyarakat luas.
Selama ini setiap ada kejadian dan permasalahan yang terjadi di sebuah tempat, perhatian dan informasi serta hal lainnya hanya terlokalisir pada sekelompok orang secara eksklusif (aktifis, pemerhati, akademisi). Di lapis sosial lainnya, peristiwa-peristiwa tersebut tidak menjadi perhatian kecuali sebagai bahan konsumsi informasi saja. Hal ini membangun separasi (keterpisahan) di masyarakat umum yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari kapitalisme dan negara.
SOLFest adalah media untuk memecah keterpisahan tersebut, membuka ruang solidaritas untuk sama-sama mendudukkan diri sebagai bagian yang sama dari kejahatan kapitalisme dan dominasi Negara

One Soul One Struggle
Solfest kali ini mengambil tema One soul one struggle, sebagai upaya untuk mendukung pemogokan buruh PT. Bomar yang berjuang untuk meraih haknya yang di rampas oleh PT. Bomar. Pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh pihak PT.Bomar terhadap buruhnya, memicu solidaritas dari buruh lainnya. Melalui SOLFest, kami ingin menyebarkan apa yang di alami oleh buruh PT.Bomar ke seluruh masyarakat luas. Hal ini di sertai harapan akan terbangun solidaritas dan keaktif terhadap semua tindakan ketidak adilan, yang kiranya akan berdampak bagi perbaikan kehidupan buruh PT.Bomar. karna kami mengaggap bahwa satu jiwa, satu masalah, satu perjuangan. One soul one struggle.

Item Kampanye SOLfest
Kampanye ini mengundang secara luas dan terbuka kepada seluruh masyarakat untuk datang, terlibat dan mendukung aksi pemogokan buruh PT. Bomar. Dalam kampanye ini, dirangkum beberapa item kegiatan dan bentuk kampanye berupa :
a. Penyebaran ribuan leaflet, brosur, pin dan materi kampanye lain mengenai perjuangan buruh PT. Bomar
b. Testimoni warga buruh PT. Bomar yang sementara berjuang
c. Display informasi mengenai kejadian di PT. Bomar
d. Pameran Foto yang menceritakan kehidupan harian dan perjuangan buruh PT. Bomar
e. Live music dari independent band
f. Happening art, musikalisasi puisi dan teatrikal
g. Pemutaran film pendek dokumentasi perjuangan buruh PT. Bomar
h. Tabling ‘Food Not Bombs’ dan stand media independen/alternatif
i. Penggalangan dana untuk project independent mendukung “perjuangan lokal melawan neoliberal”

KAPAN DAN DIMANA?
Kampanye ini diselenggarakan pada 23 agustus di Pelataran Fakultas Sastra Kampus Unhas Tamalanrea. Dimulai sejak jam 9 pagi hingga menjelang senja, yang akan ditutup dengan buka puasa bersama.

PENYELENGGARA
SOLFest dikerjakan secara independen oleh Tim Kerja SOLFest yang terdiri dari berbagai kelompok dan individu yang bekerjasama secara horizontal, non-hirarkis.
Seluruh pendanaan kampanye ini berasal dari penggalangan dana perorangan secara mandiri, independen dan simpatik. Tidak ada sponsor, funding dan pihak-pihak ketiga dalam kampanye ini.

More information about this event…