Merangkai Masa Depan - EngageMedia 2013

oleh Andrew Feb 07, 2013

Bhineka Tinggal Duka? Awards NightKita baru satu dua bulan memasuki tahun 2013, namun EngageMedia sudah terjun dan memiliki kegiatan-kegiatan yang menarik. Jadi izinkan kami berbagi sedikit informasi seputar rencana EngageMedia untuk tahun 2013 kepada rekan-rekan sekalian. Kami sedang memulai beberapa kegiatan dan beberapa lagi akan menyusul.

Pada bulan Juni 2012, EngageMedia membangun Video4Change network bersama 14 organisasi lain. Tahun ini kami akan bekerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Center for Civic Media dan Open Documentary Lab untuk melakukan riset mengenai bagaimana video berbasis perubahan sosial menciptakan dampak dan bagaimana dampak tersebut dapat diukur. Kami juga terus mengembangkan website v4c.org sebagai ruang bersama bagi jaringan, juga menambah beberapa bahan penuntun dan berbagai peralatan di video4change. Terakhir, jaringan ini akan mengadakan tiga pertemuan kota atau regional antara individu dan organisasi di video4change. Lokasinya masih akan ditentukan namun salah satunya akan diadakan di Timur Tengah/Afrika Utara. Tunggu update dari kami.

Papuan Voices merupakan serangkaian video produksi lokal dari daerah yang sedang dilanda pertikaian di Papua. Video-video tersebut juga digandengkan dengan materi-materi latar belakang, serta sebuah instrumen bagi para pendidik dan pengkampanye untuk berdiskusi mengenai hak-hak dari rakyat Papua. Di akhir bulan Februari, kami akan memulai program kampanye penayangan dan diskusi di beberapa bagian Jawa dan pantai Timur Australia. Kami akan kirim waktu segera setelah semuanya terkonfirmasi.

EngageMedia telah membangun program mengenai Cerita Buruh Migran sejak tahun 2012, dan di tahun ini kami akan berkolaborasi dengan buruh migran dan orang-orang tanpa status negara di Kuala Lumpur dan Kota Kinabalu, Malaysia. Kami akan memproduksi serangkaian cerita dan karya video kritis yang terkurasi yang mendokumentasi kehidupan dan kampanye bagi hak-hak hidup yang lebih baik, dengan bantuan sejawat kami dalam program ini, Citizen Journalists Malaysia.

Program Lingua, dimana kami membangun komunitas penerjemah dan subtitle untuk video berbasis ekologi di Asia Tenggara terus dilanjutkan. Tahun lalu, kami berhasil mengajak 350 relawan dan menerjemahkan lebih dari 2500 menit video dari kegiatan ini. Anda ingin terlibat? Bergabunglah dengan tim subtitle di sini.

Bersama Transparency International Indonesia kami baru saja memulai Moviemento, sebuah program yang akan bekerjasama dengan sejumlah orang muda kreatif untuk memproduksi video-video dan terlibat dengan jaringan yang lebih luas seputar isu antikorupsi. Kami sejauh ini telah memutari kota Semarang, Balikpapan, Makassar dan berikutnya Kupang, untuk mencari partisipan-partisipan bagi kegiatan ini. Kami akan memulai serangkaian pelatihan video di bulan Maret, dan lanjut dengan serangkaian kampanye di bulan Juni 2013.

Dalam beberapa minggu ini, kami juga akan meluncurkan desain perangkat lunak Plumi dan EngageMedia.org yang baru dengan tambahan berbagai fitur menarik. Plumi merupakan sistem distribusi video terbuka yang dibangun bersama Unweb. Kami akan mengirimkan update terbaru terpisah segera mengenai hal ini.

Jika kalian ingin terhubungan selain lewat newsletter elektronik kami, kalian bisa mendapatkan update melalui  blog kami dan tentu saja, update teranyar di Twitter dan Facebook kami.

Akhirnya, kami selalu mengharapkan dukungan untuk membangun dan memelihara sejumlah inisiatif yang telah kami gambarkan di atas. Kontribusi rekan-rekan membantu menciptakan media terbuka dan gratis untuk mendukung penghargaan hak asasi manusia dan perbaikan kondisi lingkungan hidup di Asia Tenggara dan secara mendunia. Kalian bisa mendonasi bantuan di sini.

Mengucapkan selamat menempuh tahun 2013
Andrew Lowenthal
Executive Director