Pemadatan Video - Langkah-langkah Panduan Handbrake

oleh EM News Oct 07, 2019
Panduan langkah demi langkah penggunaan aplikasi Handbrake untuk membuat video H264 untuk EngageMedia, dengan tambahan tautan presets siap pakai yang dapat anda pergunakan.

Why use Handbrake?

Handbrake adalah perangkat lunak yang tersedia untuk sistem operasi Mac, Linux dan Windows. Awalnya perangkat lunak ini didesain untuk menyalin isi DVD dan telah dipakai sebagai alat yang cukup terkenal untuk menciptakan video dengan format H264 dari setiap jenis berkas atau disket DVD.

Di bawah ini anda akan menemukan panduan langkah demi langkah untuk menggunakan Handbrake untuk meringkas video anda. Jika anda mesti bergegas, anda juga bisa menggunakan preset Handbrake buatan yang telah kami unggah, untuk dengan cepat menerapkan setting ini tanpa mesti memasukkannya secara manual.

Membuat video H264 dengan Handbrake - Langkah demi langkah

Tutorial mengasumsikan anda memilki sebuah video HD video file dengan ukuran 1920x1080 pixel. Kita akan memperkecil sedikit ukuran frame, sekaligus secara drastis mengurangi ukuran berkas (jika dibandingkan dengan, contohnya, sebuah berkas Pro Res dari perangkat lunak Final Cut Pro atau Avid).

  1. Pasang Handbrake dengan memilih versi yang sesuai dengan sistem operasi komputer anda pada laman http://handbrake.fr/
  2. Bukan Handbrake dari folder Applications atau Programs.
  3. Masukkan berkas video anda. Sebuah jendela akan secara otomatis terbuka untuk anda memilih sumber berkas video (atau DVD) atau tekan tombol Source.

Click the source button

4. Pilih berkas yang ingin anda padatkan dan tekan Open.

5. Tujuan: Pilih dimana anda ingin berkas video yang telah ter-transcode disimpan dengan menekan Browse...

6. Dalam Save As, tambahkan berkas tersebut nama yang cocok seperti “(Original-Filename)-h264.mp4” hingga anda mengetahui versi apa yang sedang anda padatkan ini. Pilih dimana anda akan menyimpannya dan tekan Save.


Name your file

7. Pilih Format MP4 file.


Choose MP4

8. Tekan label Video. Untuk Video Encoder pilih H.264 (x264).


Choose H264

9. Pilih High Profile di jajaran Encoder Options.

Use high profile

10. Soal Framerate (FPS), pilih Same as Source. Anda juga dapat mengubah framerate dari video sumber jika diperlukan. Pilih 25 untuk PAL dan 29.97 untuk NTSC. Pastikan anda mencentang tombol Constant Framerate untuk memastikan kemampuan dipertukarkan ke pemutar atau aplikasi lain.


Select the video frame rate

11. Masukkan Average Bitrate (kbps) untuk video antara 5,000-10,000 (pilih 5000 kecuali anda ingin mendapatkan resolusi video yang lebih tinggi video namun akan memakan waktu untuk mengunggah dan mengunduhnya nanti - lihat Panduan Ukuran File untuk lebih detil). Jika anda memiliki waktu untuk menunggu sementara memproses pemadatan video lewat Handbrake, pilih 2-pass encoding hasil yang lebih baik. Anda bisa mencentang Turbo first-pass untuk sedikit mempercepat prosesnya. Jika tidak ingin, biarkan hal ini tak tercentang.


Choosing Bitrate

12. Tekan tombol Dimensions yang akan membukan jendela dialog baru diman kita dapat mengubah ukuran frame video atau resolusi.

Click the Dimension button

13. Ganti Anamorphic ke None (fitur ini lebih cocok untuk DVD ripping). Gani Change Modulus ke 16. Tick Keep Aspect Ratio. Gunakan mode pilihan (tekan panah ke bawah) pada Width lalu ubah Width dari 1920 (full HD) turun menjadi 1280. Height anda mestinya secara otomatis kemudian terbaca sebagai 720, jika anda telah mencentang Keep Aspect Ratio.

Disini kita akan mengubah ukuran video, membuatnya secara substansi lebih kecil dalam hal jumlah pixel yang digunakan dibandingkan dengan  1920x1080. betapapun , anda bisa memilih untuk mempertahankan video pada 1920x1080, dan menggunakan bitrate yang tinggi seperti 10,000 kbps (lihat di atas).

Tick Keep Aspect Ratio

14. Pilih panel Audio dan pilih AAC (ffmpeg) Codec. Pilih 48.000 Hz Samplerate. Pilih Stereo sebagai Mixdown. Pilih 320 untuk Bitrate audio anda.

Choose AAC (CoreAudio)

15. Tekan tombol Start dan tunggu hingga video selesai di encoding.

Anda bisa memilih sejumlah antrian berkas dengan menekan Add to Queue, dan memulai/menghentikan Queue dengan menekan Show Queue. Fungsi ini membantu jika anda memiliki banyak berkas yang ingin dipadatkan.

Click Start

16. Tergantung pada pengaturan When done di preferences, Handbrake dapat memberi pemberitahuan atau kabar saat prosesnya telah rampung.

When Finished

17. Buka berkas video di VLC atau pemutar video yang lain dan periksa apakah telah memadai. Periksa pada gambar-gambar yang bergerak cepat secara teliti untuk memastikan anda tidak memiliki banyak artifak pemadatan. Jika berkasnya tidak terlihat bagus, coba mengulangi prosesnya dengan bitrate yang lebih tinggi. Jika telah terlihat bagus, kemudian video anda telah siap diunggah!

Open using VLC Media Player

18. Jika anda menyukai pengaturan yang anda gunakan, anda dapat menyimpannya sebagai sebuah preset dengan menekan tanda + sign di sebelah kanan bawah dari Presets Drawer.

    Save to presets

    19. Berikan nama Preset Name dan Description.

    Give your Preset a name

     

    Memadatkan Video H264 Memakai Presets

    Kami telah menciptakan sebuah preset yang menggunakan pengaturan yang sama dengan penjelasan di atas, yang dapat mempermudah untuk menerapkan pengaturan ini. Untuk menggunakannya, pertama-tama, anda perlu untuk mengunduh berkas preset file.

    Untuk video asli yang menggunakan 25 frame per detik, sila gunakan preset ini.

    Untuk video asli dengan 29.97 atau 30 frame per detik, sila gunakan preset ini.

    1. Untuk mengimpor preset, pilih Presets -> Import di dalam menu atas Handbrake dan pilih berkas yang baru saja anda unduh. Present akan muncul pada panel preset Handbrake, kemudian dapat digunakan.

      Import your preset

    2. Pastikan anda telah memasang video asli dengan menekan tombol Source, dan berikan sebuah Destination dan nama berkas dengan menekan Browse... Sekarang hanya tinggal menekan preset yang sesuai "(import) v4c.org H264 720p 25fps", ataur "(import) v4c.org H264 720p 30fps", dan tekan Start.

      Settings after importing a preset


    Untuk informasi lebih dalam dan glosari istilah-istilah, sila baca...

    Anda menyenangi artikel kami? Sila ikuti kami di Twitter, Facebook, atau berlangganan newsletter.